5 Makanan Khas Lampung Yang Wajib Dicoba

Posted on

5 Makanan Khas Lampung Yang Wajib Dicoba –Selain memiliki wisata baharinya yang indah, Lampung merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan cita rasa kulinernya yang lezat. makanan khas Lampung memang sebagian besar berbahan dasar ikan laut karena kondisi alam Lampung yang berbatasan dengan laut. selain itu, ciri khas lainnya adalah rasanya yang pedas gurih. Bahkan sambal lampung merupakan salah satu kuliner yang menjadi buah tangan para wisatawan dengan rasanya yang gurih dan pedas.
Makanan khas Lampung memang belum seterkenal makanan Padang yang sudah mendunia. Namun rasanya tidak kalah dengan makanan Padang atau daerah lain. Makanan khas Lampung juga memiliki ciri khas yang hampir sama dengan makanan melayu karena percampuran budaya yang kental. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja pilihan makanan khas Lampung, berikut ini adalah beberapa referensi kulinernya yang bisa anda cicipi.

5 Makanan Khas Lampung

1. Tempoyak

Tempoyak
Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan berbahan dasar durian yang difermentasikan dengan tambahan cabai dan sedikit garam. Biasanya tempoyak yang sudah jadi diolah menjadi campuran berbagai masakan seperti ikan teri, ikan mas dan dibuat sambal tempoyak yang lezat. tempoyak terkenal di Lampung bahkan sampai daerah Malaysia.
2. Kemplang

Kemplang
Kemplang

Selain terkenal di Lampung kemplang merupakan makanan yang juga dikenal di Sumatera Selatan serta beberapa daerah lain di tanah Sumatera. Kemplang merupakan sejenis kerupuk berbahan dasar ikan namun membuatnya dengan cara dipanggang. Menikmatinya bisa dengan campuran sambal kecap atau saus sambal. Rasanya semakin lezat jika anda menambahkan saus cuka sebagai pelengkapnya.
3. Pindang

Pindang
Pindang

Pindang umumnya diolah dengan cara digoreng, serta mudah dijumpai di berbagai daerah Indonesia. Namun berbeda dengan pindang khas Lampung yang diolah dengan dimasak bumbu kuning. Pindang khas Lampung sekilas mirip Tom Yam dari Thailand. Anda bisa dengan mudah menemukannya di rumah makan khas Lampung dengan isian daging ikan kakap atau jenis ikan laut lainnya.
4. Seruit

Seruit
Seruit

Makanan khas Lampung ini sangat nikmat dimakan bersama – sama serta kerap disajikan di upacara – upacara adat. Seruit merupakan sambal khas Lampung yang pedas dan bisa dinikmati bersama makanan lainnya seperti terong bakar, tempoyak, jengkol hingga tempoyak. Anda bisa pula menemukan seruit ini di acara keagamaan sebagai hidangan khasnya.
5. Sambal lampung

Sambal lampung
Sambal lampung

Penyuka pedas wajib mencoba sambal khas Lampung. Rasa pedasnya sangat khas dengan pengolahan menggunakan berbagai campuran bumbu khas. Sambal lampung banyak dijajakan dengan botol kaca kecil sebagai oleh – oleh wisatawan. Sambal lampung selain lezat untuk menemani acara makan anda juga digunakan sebagai campuran masakan agar rasanya semakin pedas dan lezat.
Nah itulah beberapa makanan khas Lampung yang terkenal dan wajib anda coba. Jadi jika bersambang ke gerbang pulau Sumatera ini, tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Lampung yang menggugah selera ini.