5 Makanan Khas Surabaya Yang Paling Lezat

Posted on

5 Makanan Khas Surabaya Yang Paling Lezat – Ibukota Jawa Timur ini memiliki banyak kuliner yang memanjakan lidah. Bahkan Surabaya didapuk menjadi pusatnya kuliner di Jawa Timur karena keragaman makanan khasnya yang lezat. makanan khas Surabaya ini sebagian besar memiliki rasa gurih dengan bahan dasar daging sapi yang empuk. kuliner khas Surabaya ini memang bisa dijumpai di tempat lain, namun rasanya berbeda dengan yang ada di Surabaya seperti rujak cingur atau pecel semanggi.
Selain kedua makanan tersebut banyak jenis makanan khas Surabaya lainnya yang menggoda selera. jadi selain mengunjungi tempat wisata di Surabaya atau menikmati indahnya tata kota Surabaya yang indah, tidak ada salahnya mencoba mencicipi makanan khasnya yang mudah dijumpai disepanjang jalan Surabaya. Bagi anda yang penasaran apa saja makanan khas Surabaya yang paling lezat, berikut adalah beberapa referensinya yang bisa anda cicipi.

5 Makanan Khas Surabaya Paling Lezat

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur

Rujak cingur banyak dijumpai di Jawa Timur terutama di kota Surabaya. Makanan dengan rasa yang pedas gurih ini berbahan dasar cingur atau hidung sapi dengan aneka bahan tambahan seperti irisan tahu tempe serta tambahan beberapa buah segar dengan campuran bumbu rujaknya yang khas. Banyak turis asing dan lokal yang memburu rujak cingur ketika berkunjung ke Surabaya.
2. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
Pecel Semanggi

Pecel mudah dijumpai di beberapa daerah Jawa Tengah serta Jawa Timur. Dan di Surabaya anda bisa mendapati pecel semanggi sebagai makanan khas Jawa Timur yang lezat. Pecel Semanggi ini merupakan pecel dengan campuran kerupuk ulinya yang khas. Isian pecel berupa daun kangkung dan kecambang dengan sambal kacangnya yang khas. Pecel semanggi mudah dijumpai di Surabaya terutama pagi hari sebagai menu sarapan yang lezat.
3. Rawon Setan

Rawon Setan
Rawon Setan

Nama makanan ini cukup unik seperti tampilan dan rasanya. Rawon setan merupakan rawon khas Surabaya dengan rasa pedas dan lezatnya yang khas. Rawon setan berbahan dasar daging sapi dengan kuah berwarna hitam pekat dan rasanya yang pedas gurih. Rawon setan menjadi kuliner yang banyak disukai wisatawan dan warga lokal Surabaya dan mudah dijumpai di berbagai sudut kota Surabaya.
4. Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap

Berawal dari penjual lontong sayur tempo dulu yang selalu adu balap agar cepat sampai di pasar, maka kuliner khas Surabaya inipun dinamakan Lontong Balap. Lontong balap merupakan lontong sayur khas Surabaya dengan isian tauge dan kuah lontong yang khas. Selain tauge didalamnya terdapat tahu dan beberapa irisan daging. Lontong balap sangat lezat dinikmati dengan tambahan sambal dan sate usus.
5. Tahu Campur

Tahu Campur
Tahu Campur

Tahu campur merupakan makanan dengan bahan dasar tahu yang dicampur berbagai isiannya seperti sop daging sapi, mie kuning dan tambahan kerupuk udang sebagai pelengkapnya. Makanan khas Surabaya ini banyak dijumpai dipinggir jalanan Surabaya sebagai kuliner lezat yang bisa anda nikmati ketika berada di Surabaya.
Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang bisa anda cicipi ketika bersambang ke kota pahlawan ini. masih banyak varian makanan khas di ibukota Jawa Timur ini yang siap menggoyang lidah anda.