8 Tempat Wisata di Kudus yang Sedang Hits

Posted on

8 Tempat Wisata di Kudus yang Sedang Hits – Apakah yang pertama kali muncul di pikiran anda ketika mendengar kota Kudus? Mungkin yang anda pikirkan adalah jenang kudus atau kota kretek. Kudus memang terkenal dengan kedua hal tersebut. Namun selain kedua hal ini, Kudus ternyata juga memiliki tempat wisata yang beragam dan terkenal.

Dari sekian banyak tempat wisata, ada beberapa tempat wisata di Kudus yang sedang terkenal dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Jika anda sedang berwisata di Kudus dan membutuhkan referensi tempat wisata yang bagus, silakan simak informasi berikut ini untuk anda.

Tempat Wisata di Kudus yang Sedang Hits

 

1. Desa Wisata Colo

Tempat wisata yang cukup terkenal yang bisa anda kunjungi adalah Kawasan Wisata Colo. Kawasan wisata ini terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus atau berjarak kurang lebih 18 kilometer dari pusat kota menuju ke utara. Lokasi desa wisata ini terletak di ketinggian sehingga udara di sekitar akan terasa sejuk dan segar. Pemandangan yang ditawarkan Desa Wisata Colo sangatlah indah. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan disuguhkan pemandangan kota Kudus dari atas.

Desa Wisata Colo
Desa Wisata Colo

Selain dapat menikmati pemandangan yang luar biasa, wisatawan juga bisa sekaligus berwisata religi di tempat ini karena di Desa Wisata Colo terdapat makam Sunan Muria yang terletak di puncak. Untuk bisa menuju ke sana, pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri jalan atau bisa menggunakan jasa ojek warga setempat sampai ke puncak. Wisatawan dapat melakukan ziarah ke makam Sunan Muria dan mengirim doa.

2. Wisata Religi Menara Kudus

Tempat wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kudus adalah Masjid Menara Kudus yang berlokasi di daerah Kauman, Kecamatan Kudus atau jika dari pusat kota ke arah barat sejauh 2 km. Masjid Menara Kudus juga sering disebut juga sebagai Masjid Al-Aqsa. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi di Kudus karena masjid ini merupakan peninggalan Sunan Kudus saat menyebarkan agama Islam di daerah Kudus dan Jawa Tengah.

Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus

Yang menarik dari Masjid ini tentunya adalah adanya menara yang terbuat dari batu bata yang ditumpuk dan di bagian atas terdapat atap dari kayu. Fungsi dari menara ini adalah sebagai penanda waktu shalat. Menara ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke masjid ini. Selain itu, wisatawan juga bisa berziarah ke makam Sunan Kudus yang berada di sebelah menara tersebut.

3. Menara Pisang

Tempat wisata di Kudus yang satu ini memang sedang hits di media social seperti Instagram. Ini dikarenakan tempat ini cukup unik dengan pemandangan yang sangat indah. Menara Pisang merupakan sebuah menara dengan puncak berbentuk pisang dan tersusun dari 2 menara. Masing-masing menara terdapat bentuk pisang juga yang semakin keatas semakin mengecil ukurannya.

Menara Pisang
Menara Pisang

Menara Pisang sebenarnya adalah bagian dari Kawasan Wisata Outbond dan Perkemahan Taman Sardi yang berlokasi di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. Tempat ini menjadi incaran wisatawan muda karena lokasinya yang unik dengan latar belakang berupa pegunungan dan hutan yang hijau.

4. Museum Kretek Kudus

Tempat wisata selanjutnya yang harus anda kunjungi ketika berkunjung ke Kudus adalah Museum Kretek Kudus. Kudus memang terkenal dengan rokoknya karena di sini terdapat perusahaan rokok besar di Indonesia yaitu Djarum. Museum yang terletak di Desa Getas Pajetan, Kecamatan Jati, Kudus ini berlokasi tak jauh dari pusat kota yaitu kurang lebih 3 kilometer saja ke selatan.

Museum Kretek Kudus
Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus memiliki beberapa koleksi benda museum seperti peralatan untuk membuat rokok pada jaman dulu sampai diorama yang menampilkan proses pembuatan rokok mulai dari penanaman pohon tembakau, perawatan, pemanenan, sampai ke proses pembuatan batang rokok.

5. Gray Canyon

Jika di Semarang terdapat tempat wisata yang hits bernama Brown Canyon, maka di Kudus juga terdapat tempat wisata yang mirip dengan nama Gray Canyon. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda Kudus. Keindahan yang disajikan Gray Canyon memang sangat indah mirip seperti canyon yang ada di Amerika. Karena pemandangan indah inilah banyak wisatawan yang hunting foto atau berselfie ria di tempat ini.

Gray Canyon
Gray Canyon

Di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan tebing yang cukup tinggi berwarna keabuan atau grey yang sangat indah. Pengunjung akan dengan mudah menemukan spot selfie di tempat ini baik dari atas maupun dari bawah. Bagi anda yang penasaran dan ingin berkunjung ke sana, silakan datang ke Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Kudus. Karena tergolong tempat wisata yang baru di Kudus, belum terdapat tiket masuk ke lokasi ini sehingga tempat wisata ini masih gratis.

6. Mendaki Gunung Muria

Bagi pecinta gunung, tentu wisata mendaki gunung adalah tempat wisata yang paling dicari ketika mengunjungi suatu daerah. Di Kudus, anda bisa mencoba sensasi mendaki Gunung Muria.

Puncak Gunung Muria
Puncak Gunung Muria

Tentunya untuk mendaki ke gunung ini diperlukan kondisi fisik yang prima dan perbekalan yang cukup selama berada di atas gunung. Pemandangan indah siap menanti anda di puncak 29 Kudus jika anda mendaki sampai puncak.

7. Air Terjun Pengantin Kudus

Kudus ternyata juga memiliki wisata air terjun yang cukup banyak, salah satunya adalah Air Terjun Pengantin. Air terjun yang berlokasi di Desa Hargamulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Kudus ini menawarkan wisata air terjun yang segar dan masih sangat alami.

Air Terjun Pengantin Kudus
Air Terjun Pengantin Kudus

Yang unik dari Air Terjun Pengantin adalah karena jumlah air terjunnya 2 dengan aliran air yang sama. Inilah yang melatar belakangi mengapa air terjun ini dinamakan dengan air terjun pengantin.

8. Taman Oasis

Satu lagi tempat wisata di Kudus yang cukup banyak dikunjungi wisatawan terutama kaum muda yaitu Taman Oasis. Taman Oasis merupakan sebuah taman milik PT. Djarum Kudus, namun taman ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya. Taman yang berlokasi di Desa Gondong Manis, Kecamatan Bae atau yang bisa ditempuh melalui Jalan Lingkar Utara ini menawarkan pemandangan yang eksotis terutama saat sore dan malam hari.

Taman Oasis
Taman Oasis

Oleh sebab itu, tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh anak muda kota Kudus pada sore sampai malam hari untuk sekedar nongkrong atau menikmati keindahan Taman Oasis bersama teman dan sahabat.
Nah, demikianlah beberapa daftar tempat wisata di Kudus yang cukup hits di kalangan anak muda Kota Kudus. Selain tempat wisatanya yang unik dan beragam, Kudus juga memiliki beberapa kuliner khas yang layak anda coba. Ketika datang ke Kudus, cobalah untuk mencicipi kulinernya seperti Lentong Tanjung dan juga Soto Kudus yang dagingnya berasal dari daging kerbau. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli oleh-oleh khas Kudus seperti Jenang Kudus Mubarok yang sudah terkenal dimana-mana.