Harga Menu Makanan Toko Oen Semarang dan Jam Bukanya

Posted on

Harga Menu Makanan Toko Oen Semarang dan Jam Bukanya – Hai travelers! Yang suka mencari wisata kuliner nan unik dan asik buat foto foto. Kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai sebuah restoran yang berada di kota Semarang. Kota yang menjadi pusat dari provinsi Jawa Tengah ini selalu diburu oleh wisatawan karena nuansa sejarahnya.

Yaps, di Semarang memang yang paling terkenal ialah lawang sewu. Bangunan kuno peninggalan penjajah Belanda. Tak hanya Lawang Sewu saja, ada banyak tempat wisata peninggalan koloni yang sangat asik dan masih terjaga hingga saat ini. Wisata kuliner satu ini bernama Toko Oen yang berada di Jalan Pemuda 52 Semarang. Ingin tau lebih lanjut tentang restoran ini? Berikut reviewnya.

Sejarah Toko Oen

Dulu ada penduduk Jogja yang berketurunan China dengan nama Liem Gien Nio. Saat itu ia mempunyai suami Oen Tjok Hok dan mendirikan sebuah rumah makan kecil. Keduanya bersama keluarga sangat tekun dalam menjalankan bisnis hingga restoran yang bernama Toko Oen semakin berkembang.

Berawal dari Jogja di tahun 1910, 16 tahun kemudian Toko Oen mendirikan cabang di Semarang pada tahun 1936. Jadi bisa ditebak dong dari awal berdiri toko ini menjadi saksi sejarah penjajahan para koloni di Indonesia.

Sejarah Toko Oen
Sejarah Toko Oen

Tak hanya itu, Toko Oen juga pernah membuka cabang di kota besar seperti Jakarta dan Malang namun mungkin sudah dialihkan pengelolanya kepada orang lain. Hanya Toko Oen di Semarang lah yang masih dikelola oleh cucu dari pendirinya terdahulu. Dari awal rilis hingga sekarang, masih berada di Jalan Pemuda 52 Semarang.

Apa yang ditawarkan oleh Toko Oen?

Dari sisi luarnya saja, Toko Oen sudah mengandung suasana tempo doeloe. Lengkap dari bangunan hingga interiornya. Saat masuk pertama kali di restoran ini kamu akan merasakan hawa tenang seperti berada di zaman koloni.

Pemandangan toples besar berisi roti rotian khas Jawa, atap yang tinggi dan ruangan nan luas, hingga kursi meja yang masih menawarkan kesan otentik layaknya desain eropa. Biasanya nih, tempat wisata kuliner yang unik seperti ini pasti akan diburu oleh para remaja untuk berfoto dan diposting dalam akun instagrammnya.

Toko Oen Semarang Restauran Tempo Dulu
Toko Oen Semarang Restauran Tempo Dulu

Meskipun banyak pengunjung di hari libur atau jam istirahat, suasana tenang masih terasa di restoran ini. Moment seperti inilah yang cocok untuk bercengkrama dengan keluarga, kekasih ataupun menjamu tamu penting untuk meeting dengan kesan yang berbeda.

Harga Menu Makanan di Toko Oen

Sajian Toko Oen berupa kue kering, dessert, salad & pasta, soup, makanan pembuka, makanan utama chinese & eropa, serta makanan utama khas Indonesia. Jika kamu bertanya apakah makanan di restoran ini halal? Jawabannya tergantung.

Karena ada juga sajian yang menggunakan bahan dasar yang dilarang oleh ajaran Islam. Jika kamu muslim, sebelum order silahkan tanyakan dulu apakah makanan/minuman yang ingin dipesan mengandung hal hal yang diharamkan.

Harga Menu Makanan di Toko Oen Semarang
Harga Menu Makanan di Toko Oen Semarang

Nah untuk tabel harga yang tertera pada gambar diatas, kami dapatkan dari internet. Jadi mungkin bukan harga terbaru menu makanan yang ada di Toko Oen. Sepertinya masih dapat dijangkau oleh kantong tipis. Cobalah untuk mencicipi kuliner khas eropa yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Kapan Jam Buka Toko Oen?

Restaurant yang bertemakan klasik ini dibuka setiap hari, mulai jam 10 pagi hingga 10 malam. Tips bagi yang ingin dinner saat malam minggu diusahakan datang sebelum jam 7 malam. Karena kemungkinan bisa penuh dan tidak jadi dinner di Toko Oen ini.

Sekian ulasan singkat dari kami mengenai tempat wisata kuliner di Semarang bertemakan tempo dulu. Jika ada yang salah, atau ditanyakan silahkan tulis melalui formulir komentar di bawah. Selamat berlibur!