Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang

Posted on

Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang – Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang letaknya masih berada di Propinsi Jawa Timur, kabupaten ini letaknya berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan berada di kawasan tapal kuda. Kabupaten Banyuwangi sendiri meliputi wilayah yang cukup luas dengan total luasnya kurang lebih 5700 km² yang bahkan lebih luas dari Pulau Bali dan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 1,4 juta jiwa penduduknya yang terdiri dari berbagai macam suku di Indonesia yang hidup secara berdampingan.

 
Banyuwangi sendiri memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi dan sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di saat liburan, salah satunya adalah Kawah Ijen yang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Kawah Ijen sendiri merupakan suatu kawah vulkanik dari gunung berapi yang masih aktif yakni Gunung Ijen, jika Anda tertarik dengan objek wisata alam yang satu ini maka simaklah ulasan kami mengenai Kawah Ijen berikut ini.

 

Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang

 
1. Mengenal Kawah Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen

Gunung Ijen merupakan ssalah satu gunung berapi aktif yang ada di Propinsi Jawa Timur dengan ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut, tempat wisata ini masih termasuk dalam Cagar Alam Wisata Ijen dan karena letaknya yang berada di ketinggian membuat suhunya mencapai 2 derajat celcius, ditambah dengan bau belerang yang sangat kuat maka Anda disarankan untuk mengenakan jaket dan masker.

 

2. Fenomena Blue Fire

Fenomena Blue Fire
Fenomena Blue Fire

Jika Anda berkunjung ke Kawah Ijen maka Anda akan bisa menyaksikan sebuah fenomena alam yang sangat menarik dan langka yakni fenomena blue fire atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi api biru. Fenomena langka ini terjadi karena cairan belerang yang mengalir di bawah kawah menimbulkan pancaran api berwarna biru yang mana fenomena ini hanya ada dua di dunia.

3. Pesona Alam

Pesona Alam
Pesona Alam

Selain fenomena blue fire yang sangat langka, Kawah Ijen juga menyajikan panorama keindahan alam yang sangat mempesona, di pagi hari Anda akan bisa menyaksikan panorama sunrise atau matahari terbit yang sangat indah di mana sinar matahari akan menembus kabut dan menyinari kawah sehingga akan membuat kawah tersebut berwarna hijau kebiruan di bagian permukaannya.

4. Akses Jalan

Akses Jalan
Akses Jalan

Sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Banyuwangi maka Anda tidak perlu repot untuk mencapai tempat ini karena segala aksesnya sudah menjadi mudah berkat dukungan dari pemerintah setempat. Anda bisa mencapai Kawah Ijen menggunakan jalur darat yakni dari Banyuwangi menuju Kecamatan Licin yang jaraknya 15 km, setelah itu Anda bisa meneruskan menaiki Jip menuju Kawah Ijen.

 

5. Fasilitas

Fasilitas
Fasilitas

Bagi Anda yang sedang berencana untuk mengunjungi Kawah ijen di Banyuwangi maka Anda tidak perlu kuatir sebab di kawasan wisata ini sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan dengan berbagai tipe dan harga, selain itu juga tersedia banyak rumah makan yang akan siap menyajikan berbagai hidangan di saat perut Anda lapar, ditambah juga adanya penjual oleh – oleh.

Banyuwangi memiliki banyak yempat menarik yang bisa dikunjungi sebagai tujuan wisata, namun yang paling populer adalah Kawah Ijen yang sangat sayang untuk dilewatkan.