Jalan – Jalan ke Taman Nasional Ujung Kulon, Tempat Konservasi Badak Bercula Satu

Posted on

Jalan – Jalan ke Taman Nasional Ujung Kulon, Tempat Konservasi Badak Bercula Satu – Ujung Kulon adalah salah satu taman nasional yang berada di Pulau Jawa, taman nasional yang satu ini telah diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1991 sebagai salah satu warisan dunia dengan nama Taman Nasional Ujung Kulon. Sesuai dengan namanya, taman nasional ini lokasinya berada di bagian paling barat dari Pulau Jawa dan masih berada dalam wilayah Propinsi Banten. Pada mulanya tempat ini adalah daerah pertanian para warga sebelum akhirnya dihancurkan oleh letusan Gunung Krakatau.

Sekarang ini, Taman Nasional Ujung Kulon dijadikan sebagai pusat konservasi badak bercula satu yang mana jumlahnya saat ini kurang lebih hanya tinggal 50 hingga 60 ekor saja yang hidup di habitatnya. Selain itu, Taman Nasional Ujung Kulon juga menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit bagi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan seluruh penjuru dunia. Hal tersebut dikarenakan taman nasional ini memiliki alam yang masih sangat terjaga, di bawah ini akan kami ulas selengkapnya.

Jalan – Jalan ke Taman Wisata Ujung Kulon, Tempat Konservasi Badak Bercula Satu

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang
Pulau Peucang

Pulau Peucang menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon, pulau yang satu ini lokasinya berada di seberang Desa Sumur. Pulau Peucang menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pulau yang satu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah berupa hamparan pasir putih yang membentang dan dipadu dengan birunya air laut.

2. Trekking Hutan Karang Copong

Hutan Karang Copong
Hutan Karang Copong

Bagi Anda yang menyukai tantangan, maka Anda bisa melakukan trekking menyusuri hutan yang nantinya akan membawa Anda pada Karang Copong yang merupakan tempat dengan panorama alam yang sangat indah. Selain itu, selama melakukan trekking maka Anda juga akan bisa menjumpai berbagai macam hewan yang berkeliaran seperti rusa, biawak, bahkan badak bercula satu.

3. Padang Rumput Cidaon

Padang Rumput Cidaon
Padang Rumput Cidaon

Tempat lainnya yang juga menjadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan adalah padang rumput Cidaon, di tempat ini Anda akan bisa menyaksikan hamparan padang rumput atau savana yang sangat luas. Di padang rumput ini jugalah Anda akan bisa mengamati berbagai macam hewan yang hidup di habitat aslinya yang akan mencari rumput dan juga mencari air dari pos pengamatan yang tersedia.

4. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan
Pulau Panaitan

Pulau Panaitan juga merupakan salah satu tempat yang sangat populer untuk dikunjungi di Ujung Kulon, pulau ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang hobi menyelam. Anda akan bisa menemukan beberapa spot diving di sekitar Pulau Panaitan yang akan menyajikan keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona dengan terumbu karang yang indah beserta biota lautnya.

5. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter
Sungai Cigenter

Tempat lain yang juga bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Sungai Cigenter yang mana di tempat ini Anda akan bisa menyusuri sungai dengan menggunakan sebuah kano. Sungai Cigenter sendiri merupakan salah satu habitat alami dari ular dan juga buaya muara sehingga janganlah terkejut jika Anda akan menjumpai beberapa hewan reptil tersebut selama menyusuri sungai.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu warisan dunia yang menjadi pusat konservasi dari badak bercula satu yang kini statusnya terancam punah.