Cicipi 5 Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat Ini

Posted on

Cicipi 5 Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat Ini – Aceh juga memiliki kekayaan kulinernya yang menggugah selera. selain menjadi tanah yang kaya akan sejarah kuliner khas Aceh menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan. Bahkan ada beberapa jenis makanan khas Aceh yang sejarahnya erat dengan perjuangan melawan penjajah seperti misalnya Keumamah yang digunakan sebagai perbekalan ketika bergerilya di hutan.

Hingga saat ini keumamah menjadi makanan yang banyak disukai dan mudah dijumpai di tanah rencong ini.
Selain keumamah ada banyak kuliner Aceh lainnya yang lezat. ciri khas makanan khas Aceh ini terdapat pada rasa dan bentuknya yang unik. Bentuk – bentuk makanan yang rumit banyak terdapat di beberapa jenis makanannya seperti kue bhoi hingga meuseukat. Makanan khas Aceh hampir serupa dengan makanan khas Melayu namun memiliki beberapa perbedaan didalamnya. berikut ini adalah beberapa ulasan makanan khas Aceh yang bisa anda cicipi.

Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat

1. Lepat

Lepat
Lepat

Lepat merupakan makanan berbahan dasar beras ketan yang dibungkus daun pisang dan diisi gula merah serta tambahan kelapa parut sangrai serta dikukus hingga matang. Lepat selain menjadi kuliner khas Aceh yang mudah dijumpai juga merupakan kuliner yang kerap ada di berbagai acara adat seperti pernikahan, acara keagamaan dan berbagai acara lainnya.
2. Keumamah

Keumamah
Keumamah

Bahan dasar keumamah adalah ikan tuna yang dikeringkan dan diiris kecil – kecil. Biasanya ikan yang telah dikeringkan ini dimasak dengan santan kelapa dan rempah lainnya serta campuran kentang sebagai pelengkapnya. Makanan ini pada jaman perang melawan Belanda digunakan sebagai perbekalan ketika bergerilya di hutan karena mudah dibawa serta tahan lama.
3. Kue Bhoi

Kue Bhoi
Kue Bhoi

Bentuk kue Bhoi sangat bervariasi misalnya ikan, bintang hingga bunga. Biasanya kue dengan rasa manis dan harganya yang murah ini disajikan di acara khitanan hingga pesta kelahiran masyarakat Aceh. Selain itu, kue bhoi digunakan sebagai bingkisan seserahan pernikahan dari pengantin pria. Membuatnya cukup rumit dan diperlukan ketelatenan agar menghasilkan cita rasa yang lezat.
4. Meuseukat

Meuseukat
Meuseukat

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah Meuseukat berupa dodol nanas khas Aceh namun memiliki campuran tepung terigu didalamnya. rasa meuseukat cenderung asam dan manis karena bahan dasar buah nanasnya. Namun jika anda ingin mencicipinya sebaiknya memesannya terlebih dahulu ke penjual makanan khas Aceh karena saat ini sudah jarang orang yang membuat meuseukat.
5. Rujak Aceh Samalanga

Rujak Aceh Samalanga
Rujak Aceh Samalanga

Cita rasa kuliner ini sangat beragam yaitu campuran rasa asam, pedas dan manis. Proses pembuatannya cukup unik yaitu rujak diuleg dengan cobek super besar yang terbuat dari kayu jati. Isian rujak aceh ini hampir sama seperti rujak lainnya yaitu mangga, pepaya hingga kedondong dan aneka buah segar lainnya. Biasanya penyajian rujak khas Aceh ini dengan menaruhnya diatas piring atau daun pisang.
Tertarik mencicipi kuliner khas tanah rencong yang lezat diatas?. Jadi jangan lupa ketika berkunjung ke Aceh untuk mencoba kulinernya yang menggugah selera ini.