5 Makanan Khas Jogja Yang Paling Terkenal

Posted on

5 Makanan Khas Jogja Yang Paling Terkenal – Kota Jogya memang terkenal dengan unsur budaya dan sejarah di Indonesia. Kendati demikian, tak membuat Kota Jogya lupa dengan segala kuliner khas tradisional. Rupanya di daerah ini, banyak sekali pedagang yang menjajakan kuliner asli dari Yogyakarta, bahkan sebagian makanan tersebut dijadikan oleh-oleh khas kota ini. Maka jangan heran Jogya juga sebetulnya terkenal akan kulinernya.

Bagi anda yang bertandang ke Jogya, jangan sampai melewatkan menu makanan yang legendari yakni Gudeg. Anda dengan mudahnya menjumpai gudeg di seluruh sudut kota hingga ke pelosok desa. Bukan hanya gudeg, makanan lain seperti bakpia dan geplak juga cukup laris di pasaran oleh kalangan wisatawan. Nah, berikut 5 makanan asli dari Kota Jogyakarta yang paling populer.

Inilah Makanan Khas Jogja Paling Populer

1. Gudeg Kering

Gudeg Kering
Gudeg Kering

Gudeng merupakan salah satu makanan khas Kota Jogya. Gudeg sendiri dibagi menjadi dua yakni gudeg kering dan gudeg basah. Biasanya untuk dibawa pulang, gudeg kering lebih cocok karena lebih bertahan lama. Meskipun demikian, antara gudeg kering dan gudeg basah memiliki proses memasak yang sama. Dimana keduanya sama-sama memiliki rasa yang cenderung lebih manis. Tempat yang menjual gudeg jenis ini adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang 5, Yogyakarta.
2. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok

Bakpia pathok yang sudah tak asing lagi bagi kalangan wisatawan karena namanya sudah sangat terkenal. Bakpia sendiri adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang. Saat ini berbagai varian rasa mulai diciptakan guna menarik perhatian para pembelinya. Mulai dari rasa durian, coklat, kumbu hitam, keju, dan lainnya. Bakpia pathok bisa dibeli di kawasan Jalan Malioboro.
3. Coklat Monggo

Coklat Monggo
Coklat Monggo

Coklat Monggo memang sangat terkenal di seluruh wilayah Yogyakarta. Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Namun Monggo tetap saja membawa unsur budaya Jawa. Hal tersebut karena namanya monggo yang dalam bahasa Jawa berarti Silahkan. Apalagi kemasan coklat monggo menampilkan gambar wayang serta sangat ramah lingkungan lantaran bersertifikat aman.
4. Geplak

Geplak
Geplak

Geplak yang terkenal sebagai kuliner bercita rasa manis khas Yogyakarta. Makanan geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak menggunakan campuran gula. Sekarang ini, geplak memiliki berbagaivarian rasa dan warna cerah yang begitu menggoda para konsumen. Jangan sampai anda melewarkan kuliner geplak karena rasa sangat manis.
5. Salak Pondoh

Salak Pondoh
Salak Pondoh

Satu lagi makanan khas Jogya yang paling terkenal, terutama di kawasan Gunung Merapi. Masyarakat di sekitar lereng gunung tersebut membudidaya buah salak pondoh. Rupanya salak pondoh memiliki ciri khas daging yang kering berwarna putih dan rasanya manis segar. Jika anda mencicipinya, maka tak akan cukup satu buah salak pondoh karena akan membuatnya merasa ketagihan.
Itu dia makanan asli Kota Jogya yang harus anda sambangi satu persatu. Pastikan budget anda mencukupi untuk membeli semua kuliner khas Jogya. Selamat menikmati.