Coba 4 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Paling Lezat

Posted on

Coba 4 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Paling Lezat – Apakah anda hobi berwisata kuliner? Ada saatnya anda menandangi Kalimantan Barat untuk mencicipi semua kuliner yang ada. Terlebih lagi, wisata kuliner di provinsi ini terkenal dengan kelezatannya yang tida duanya. Maka tak heran, jika banyak kalangan wisatawan yang berbondong-bondong demi mendapatkan aneka kuliner yang enak dan menggoda khas Kalimantan Barat tersebut.
Banyak orang yang mengklaim jika berkunjung ke Kalimantan Barat, maka belum lengkap rasanya jika tak mencoba kuliner khas daerah tersebut. Apalagi provinsi tersebut merupakan kawasan heterogen yang memiliki banyak suku bangsa, sehingga mampu menciptakan ragam kuliner daerah. Kekayaan kuliner rupanya bisa dijumpai di setiap sudut kota. Inilah 4 makanan khas Kalimantan Barat yang paling lezat.

Menikmati 4 Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak

1. Mie Kepiting

Mie Kepiting
Mie Kepiting

Mie Kepiting merupakan makanan khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Para pelancong pasti selalu mencoba sensasi rasa olahan menu kepiting, termasuk mie kepiting tersebut. Sebetulnya makanan ini hampir menyerupai mie ayam, namun toping yang digunakan berupa daging, bakso ikan, udang, daging kepiting, kecambah, dan pangsit goreng. Mie tersebut memang memiliki rasa lezat sehingga memberikan sensasi khas pecinta kepiting atau mie ayam. Anda bisa mencoba mie kepiting di Jalan Setia Budi, yakni warung mie kepiting A Tie atau dapat ditemukan di Jalan Gajah Mada.
2. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah
Kerupuk Basah

Kerupuk basah termasuk makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari daerah Hulu Sungai Kapuas. Rupanya makanan yang satu ini adalah cemilan dengan kandungan protein cukup tinggi. Sebetulnya bentuknya hampir mirip dengan empek-empek, namun lebih panjang dan tidak digoreng. Pasalnya kerupuk basah dimasak dengan cara di kukus. Akan tetapi, anda bisa menikmatinya dengan cara digoreng setelah dikukus. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan saos kacang seperti somay atau sate. Kerupuk basah terbuat dari campuran tepung sagu dan jenis ikan, seperti ikan belida, ikan tengiri, dan ikan tawar.
3. Asam Pedas Tempoyak

Asam Pedas Tempoyak
Asam Pedas Tempoyak

Selanjutnya adalah makanan Asam Pedas Tempoyak yang asalnya dari Ketapang, Kalimantan Barat. Kuliner asam pedas ini memiliki penambahan tempoyak dalam penyajiannya sehingga menjadi unik dan khas tradisional. Tempoyak sendiri merupakan daging buah durian yang telah difermentasikan. Adapun bahan tambahan bumbu yang nantinya akan memberikan aroma dan rasa khas. Asam pedas juga menggunakan ikan patin karena memiliki tekstur lembut.
4. Ale-Ale

Ale-Ale
Ale-Ale

Perlu anda ketahui ale-ale adalah hewan air laut sejenis kerang-kerangan. Hewan ini rupanya banyak ditemukan di daerah Ketapang yang telah menjadi maskot kota. Pasalnya perairan di Ketapang masih terjaga, sehingga ale-ale dapat ditemukan dengan mudah dan belum tercemar polusi. Ale-ale dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Salah satunya adalah membuatnya menjadi serundeng ale-ale atau dengan kepala parut, sambal ale-ale, ale-ale asam manis, dan lain sebagainya. Namun anda hanya perlu merebus kerang tersebut dan diberi bumbu sesuai selera.
Bagaimana, anda tertarik mencicipi makanan khas Kalimantan Barat? Pastikan anda segera menyambangi tempat kuliner tersebut.