Daftar Menu Makanan Khas Tegal yang Enak dan Murah, Dijamin Puas!

Posted on

Makanan Khas Tegal – Tegal merupakan suatu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah, tempat ini juga masuk di jalur pantura. Berbicara tentang Tegal, pasti Anda pernah mendengar istilah atau sebutan Warteg. Warteg atau singkatan dari Warung Tegal adalah produk asli yang berasal dari kota ini, dan sudah dikenal hingga pelosok negeri. Warteg juga bisa ditemukan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan kota lainnya.

Daftar Makanan Khas Tegal
Daftar Makanan Khas Tegal

Menu yang ditawarkan pada warteg biasanya mempunyai harga yang terjangkau, serta rasa yang enak dan lauk yang cukup lengkap. Tak jarang mulai dari kalangan bawah hingga menengah pasti pernah membeli makanan dari warung asal Tegal ini. Sekarang kita mau membahas tentang wisata kuliner yang ada di kota Tegal, lebih tepatnya adalah makanan khas tegal yang bisa Anda cicipi apabila berkunjung atau transit di kota ini. Yuk simak ulasannya.

Daftar Makanan Khas Tegal yang Enak dan Murah

1. Nasi Pongol Setan

Seperti namanya, makanan khas tegal satu ini termasuk dalam santapan berat. Pasalnya terdiri dari nasi yang bisa mengganjal perut Anda hingga kenyang. Nasi Pongset sendiri adalah makanan sehari hari masyarakat tegal. Yang menjadi ciri khasnya adalah lauk yang berupa tempe goreng tepung atau oseng oseng tempe dan tahu, ditambah dengan ikan asin, bihun, atau petis tempe. Santapan ini bisa dilengkapi dengan kerupuk dan dibarengi dengan minuman teh tawar anget.

Nasi Ponggol Setan Khas Tegal
Nasi Ponggol Setan Khas Tegal

Nasi Pongol Setan biasanya dinikmati oleh masyarakat sekitar sebagai makanan saat pagi hari. Dengan nasi dan gorengan anget, ini akan membuat perut kenyang dan nyaman sehingga bisa kuat dalam menjalani aktivitas sehari hari sampai siang. Namun Anda bisa menemukan makanan ini hampir di seluruh penjuru kota Tegal, di Alun Alun misalnya. Oh iya, Anda juga bisa menikmati Nasi Pongset ini pada saat malam hari loh.

2.Teh Poci

Teh Poci Khas Tegal
Teh Poci Khas Tegal

Ini dia teman dalam menikmati hidangan yang jangan sampai terlewatkan, yaitu teh poci. Tegal terkenal dengan sentral penghasil teh yang cukup baik. Masyarakat Tegal biasanya mempunyai aktivitas yang bernama “MOCI” atau kegiatan menikmati teh yang diseduh dalam poci tanah liat dan menggunakan gula batu sebagai pemanisnya. Teh Poci bisa dinikmati pada segala waktu dan selera, mulai dari pagi hingga malam, baik itu manis maupun tawar.

3.Tahu khas Tegal: Tahu Aci

Jika di Sumedang ada Tahu Sumedang, di Tegal juga ada dengan sebutan Tahu Aci. Anda pasti pernah mengenal camilan yang digoreng satu ini. Ya, tahu dipotong dengan bentuk segitiga, lalu di dalamnya diisi dengan aci atau tepung kanji. Anda bisa menemukan makanan khas Tegal ini di seluruh sudut kota. Toko yang terkenal dan menjual tahu aci adalah Nata Jaya.

Tahu Aci Khas Tegal
Tahu Aci Khas Tegal

Biasanya wisatawan yang berkunjung di kota Tegal menikmati tahu aci yang masih anget dan ditemani dengan teh. Anda bisa mengkombinasikan camilan ini dengan sambal kecap ataupun cabe rawit. Sensasi dari camilan ini adalah kenyal yang berasal dari tepung kanji tersebut. Jika ingin menggunakannya sebagai oleh oleh, sebaiknya Anda meminta kepada penjual untuk menggorengnya setengah matang. Dan jangan lupa, untuk memberi tau kepada si penerima agar menggorengnya lagi sebelum disantap.

4.Tempe Mendoan

Tempe Mendoan Khas Tegal
Tempe Mendoan Khas Tegal

Gorengan ini pasti tidak asing lagi ditelingan Anda. Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang, dengan tepung dan bumbu dapur. Perbedaan antara tempe mendoan dan tempe goreng biasanya adalah warna, ya tempe mendoan memiliki warna putih pucat sedangkan tempe goreng biasanya berwarna kekuningan karena digoreng hingga matang. Masyarakat tegal biasa menjadikan tempe mendoan sebagai lauk atau camilan yang dipadukan dengan cabe rawit atau kecap.

5.Soto Tegal

Soto Tegal
Soto Khas Tegal

Makanan khas tegal di urutan ke lima adalah Soto. Soto ini berbeda dengan lainnya, karena mempunyai tauco yang enak berwarna coklat (biasanya kuning) serta dilengkapi dengan tauge. Tak jarang beberapa warung juga menambahkan nasi langsung kedalam mangkuk soto ini. Anda bisa memilih soto ayam maupun soto babat, tergantung dengan selera masing masing. Jangan sungkan untuk memesan tempe mendoan untuk melengkapi hidangkan yang akan Anda nikmati.

6.Sate Kambing

Sate Kambing Khas Tegal
Sate Kambing Khas Tegal

Berbeda dengan sate biasanya, warung warung yang ada di kota Tegal menjual sate kambing dengan daging kambing yang masih muda. Sehingga teksturnya empuk, gampang dikunyah dan tidak apek karena menggunakan racikan bumbu khusus khas Tegal. Rasa kecap yang manis, dengan irisan tomat yang segar, serta sensasi pedas dari potongan cabe rawit sangat melengkapi hidangkan Anda di kota ini.

Itulah 6 makanan khas Tegal yang cukup populer dan mudah ditemukan. Masih ada banyak sekali wisata kuliner yang keren dan nikmat yang bisa Anda kunjungi, seperti Kupat Sambel Tahu Lengko Mbah Pa’ong, Kupat Bongkok, Sate Blengong (hasil perkawinan silang itik dan mentok), martabak lebaksiu dan makanan lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.