Pesona Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Se Asia Tenggara

Posted on

Pesona Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Se Asia Tenggara – Candi Prambanan memang terkenal sebagai nama Candi Loro Jonggrang. Keberadaanya yang persis diantara perbatasan dua wilayah di Pulau Jawa, yakni Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Rupanya Candi Prambanan menjadi saksi bukti sejarah yang fenomenal pada Kerajaan Mataram dan hingga kini tetap menjadi kebanggaan Indonesia.
Sebelum memasuki kawasan utama Candi Prambanan sebagai Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Lokasi di sekitar kompleks candi sangat asri dengan pepohonan yang rindang dan ditemani angin sepoi-sepoi. Nah, bagi anda yang ingin beribur ke Candi Prambanan sebaiknya ajak keluarga agar semakin seru. Inilah pesona Prambanan, Candi Hindu Terbesar Se Asia Tenggara yang mengangumkan.

 

Panorama Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Se Asia Tenggara

Lokasi dan Tarif Masuk Candi Prambanan

Lokasi dan Tarif Candi Prambanan
Lokasi dan Tarif Candi Prambanan

Ketika menempuh perjalanan ke Candi Prambanan bisa langsung beranjak ke Jalan Yogya – Solo yang hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Anda bisa menemukan lokasi Candi Prambanan begitu mudah, karena berada ditepi jalan utama di kawasan Desa Prambanan. Biasanya tarif yang dikenakan bagi para wisatawan domestic sekitar Rp. 30.000,- sehingga dapat menikmati kecantikan dan keunikan Candi Prambanan. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 171.000 dan dapat mengunjungi tiket ke Istana Ratu Boko.
Megahnya Candi Hindu Prambanan

Megahnya Candi Hindu Prambanan
Megahnya Candi Hindu Prambanan

Candi Prambanan yang berada di area lebih dari 200 candi di Kompleks Candi Prambanan. Candi ini berdiri menjulang setinggi 47 meter, namun lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur. Ada banyak 150 candi yang berada di sisi luarnya. Bahkan beberapa candi kecil lain yang terdiri dari 4 candi sudut, 2 candi apit dan 4 candi kelir. Bukan hanya itu, di bagian pelataran utama dijumpai 3 candi utama yang menyimbolkan tiga tokoh dewa utama dalam agama Hindu, yaitu candi Siwa sebagai bangunan terbesar, candi Wisnu di sisi timur dan candi Brahma di sisi selatan sehingga tampak begitu megah.
Pahatan Relief Candi Prambanan

Pahatan Relief Candi Prambanan
Pahatan Relief Candi Prambanan

Jika anda melihat secara seksama bentuk relief Candi Prambanan, maka akan terkagum-kagum. Pasalnya di setiap pahatan relief yang ada di candi tersebut menggambarkan sebuah kisah klasik Ramayana. Relief tersebut menawarkan relief pohon Kalpataru, yang diklaim oleh umat Agama Hindu sebagai lambang kelestarian, kehidupan dan keserasian. Selain itu, adanya pohon menjadi sebuah bukti sebagai wujud gambaran mengenai masyarakat Jawa pada waktu itu memiliki kesadaran dalam melestarikan lingkungannya.
Museum Audio Visual

Museum Audio Visual
Museum Audio Visual

Museum Audio Visual yang berada Kompleks Candi Prambanan memang memiliki daya tarik tersendiri. Di museum ini terdapat berbagai informasi lengkap mengenai awal ditemukannya candi tersebut hingga proses pemugarannya sampai sekarang. Selain itu, setiap sebulan sekali tepatnya pada bulan purnama terdapat pertunjukan Sendratari Ramayana dengan kisah tarian yang menggambarkan terjemahan dari kisah relief Candi Prambanan.

 

 

Itulah pesona menawan dari Candi Prambanan yang ada di Kota Jogya. Jangan sampai lewatkan untuk berfoto dengan latar belakang Candi Prambanan yang sangat megah dan indah.