Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

Posted on

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri – Kota yang terletak di Jawa Tengah ini berbatasan langsung di bagian barat dengan Gunung Kidul, Yogyatakarta. Nama kota Waonogiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu Wanagiri yang berarti hutan di pegunungan. Kota Wonogiri mempunyai 25 kecamatan dengan luas total hingga 1.822.37 Km2. Kota ini kental akan situs sejarah, beberapa tempat mempunyai sejarah yang unik.

Wisata-wisata di kota Wonogiri tidak diragukan lagi. Sudah banyak yang mengenal kota ini, salah satunya yaitu Waduk Gajah Mungkur. Waduk tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas. Namun, sebenarnya banyak sekali tempat wisata di Wonogiri yang belum terpublikasikan. Berikut pilihan destinasi wisata di kota Wonogiri yang akan mamanjakan mata anda.

Pilihan Destinasi Tempat Wisata di Kota Wonogiri

1. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo

Salah satu pantai yang ada di Wonogiri yaiu Pantai Banyutowo. Pantai Banyutowo mempunyai air tawar, air tawar tersebut berasal dari bawah tanah kemudian bermuara di pantai. Berlokasi di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Pantai ini semakin terkenal karena keuinukan airnya tersebut. Jarak tempuh menuju Pantai Banyutowo dari pusat kota memerlukan waktu 4 jam saja. Terdapat air yang mengalir dari atas bebatuan menuju ke pantai. Anda dapat menikmati indahnya Pantai Banyutowo dari atas bebatuan.

2. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur sebagai hasil bendungan dari Sungai Bengawan Solo. Letaknya tidak jauh dari Kabupaten Kota Wonogiri, sekitar 6 kilometer di sebelah selatan. Waduk di bangun pada tahun 1970-an dengan luas hingg 8800 hektare. Wisata air yang ditawarkan disini seperti kapal boat untuk mengelilingi perairan dan tempat pemancingan, selalu ramai dikunjungi wisatawan.

3. Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren Girimanik
Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren Girimanik berlokasi di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Air terjun ini memiliki 3 air terjun. Yang tertinggi yaitu Air Terjun Moyo dengan ketinggian 70 m, dan dua lainnya setinggi 30 m yaitu Air Terjun Condromoyo dan Tinjomoyo. Anda dapat mengunjungi Air Terjun Setren Girimanik dengan tiket masuk yang terjangkau, selain itu anda jug dapat menikmati sentra durian di Kecamatan Slogohimo.

4. Papan Luncur Gentole

Papan Luncur Gentole
Papan Luncur Gentole

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan dari atas ketinggian serta merasakan melayang –layang di udara patut untuk mencoba wisata yang satu ini. Berloasi di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Papan Seluncur Gentole meiliki 2 ketinggian, yaiitu 200 meter dan 400 meter. Sensasi terbang terbawa angin sembari memandang indahnya kota Wonogiri menjadi daya tarik terendiri bagi wisatawan.

5. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia

Sebagai kesenian khas Jawa Tengah yang sudah mendarah daging, yaitu wayang kulit, tentu pemerintah setempat akan melestarikannya dengan mengadakan pagelaran wayang  kulit atau bahkan membuatkan museum. Seperti di Wonogiri, Museum Wayang Indonesia terletak di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Meski letaknya di Jawa Tengah,  museum yang diresmikan pada 1 september 2014 ini mempunyai koleksi wayang dari seluruh penjuru Indonesia. Koleksi wayang dari tahun 1800-an pun ikut dipamerkan disini.

Demikian artikel dari tempatwisaata.com yang berisikan informasi mengenai Destinasi Wisata di Kota Wonogiri. Terima kasih atas kunjungan sobat sekalian di website ini.