Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Posted on

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja – Setiap daerah memiliki hidangan dengan ciri khasnya masing – masing. Seperti misalnya daerah Padang memiliki hidangan dengan ciri khas yang cenderung asin dan pedas. Lain halnya dengan di Jogja, kulinernya memiliki cita rasa yang cenderung manis. Anda sebagai pecinta kuliner wajib untuk mencicipi berbagai tempat wisata kuliner di Jogja.

 
Ada banyak sekali tempat untuk menikmati wisata kuliner di Jogja, mulai dari harga yang murah hingga yang harganya mahal, mulai dari cemilan, makanan, hingga minuman, semuanya wajib untuk dicicipi bagi Anda pecinta kuliner. Anda dapat mencicipi gudeg, sate klathak, kopi jos dan lain – lain. Berikut akan kami bahas beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang ada di Jogja.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja

1. Gudeg Pawon

Wisata Kuliner di Jogja, Gudeg Pawon
Tempat Wisata Kuliner di Jogja, Gudeg Pawon

Sesuai dengan namanya, gudeg pawon dimasak dengan cara yang masih tradisional yaitu dengan kayu bakar dan di atas pawon atatu tungku. Gudeg pawon ini terletak di dalam gang yang cukup kecil, sehingga bagi Anda yang membawa mobil, Anda harus memarkir kendaraan Anda di ujung gang. Gudeg ini sudah melayani pembelinya sejak tahun 1958. Bagi Anda yang ingin menikmatinya, sebaiknya Anda datang jangan terlalu malam karena dalam sebentar saja gudeg ini biasanya sudah habis. Gudeg Pawon buka mulai pukul 22.30 malam.

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong

Sate klathak terletak di Jalan Imogiri, Bantul. Sate ini memiliki keunikan dibanding dengan sate lainnya, sate ini menggunakan besi jeruji sepeda sebagai tusuk satenya. Menurut Pak Pong, penjualnya pemakaian besi jeruji sepeda sebagai tusuk sate bertujuan agar daging yang dimasak memiliki kematangan yang merata karena besi merupakan bahan penghantar panas yang baik. Selain itu, sate ini memiliki bumbu yang terbilang sederhana yaitu garam, merica dan kecap, sehingga keaslian rasa dari daging sate tersebut masih tetap terjaga.

3. Kopi Jos

Kopi Jos
Kopi Jos

Kopi Jos terletak di Pasar Beringharjo di sekitar kawasan Malioboro. Kopi ini memiliki ciri khas yang sangat unik dibandingkan kopi – kopi yang ada. Keunikan ini bisa dilihat pada saat pembuatan kopi di mana setelah kopi selesai diseduh, pembuat kopi akan memasukkan arang yang masih sangat panas ke dalam kopi sebelum kopi tersebut dihidangkan kepada pembeli. Asal nama jos merupakan bunyi yang dihasilkan ketika arang yang masih sangat panas dicelupkan ke dalam kopi sehingga menghasilkan suara joss dan dinamakan kopi jos.

4. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
Angkringan Lik Man

Belakangan ini kita sering banyak melihat angkringan yang mulai berjualan pada malam hari di pinggiran jalan kota – kota besar. Begitu pula halnya dengan di Jogja, namun ada satu angkringan yang menarik di kota ini yaitu angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man merupakan angkringan yang pertama kali ada di Jogja. Angkringan ini mulai melayani pembelinya sejak tahun 1969. Menu yang terkenal di angkringan ini yaitu nasi kucing, sate usus, dan bermacam – macam gorengan. Anda dapat menikmati makanan –makan tersebut dengan harga yang sangat murah.

Demikianlah beberapa destinasi wisata kuliner di Jogja. Bagi Anda pecinta kuliner sejati tentulah Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk berkunjung dan menikmati wisata kuliner di atas. Selamat berwisata dan selamat menikmati hidangan khas Jogja.