Surganya Diving, Ya di Wisata Pulau Menjangan

Posted on

Surganya Diving, Ya di Wisata Pulau Menjangan – Apakah anda hobi berwisata bahari? Setidaknya anda telah bertandang ke Pulau Menjangan Bali. Disinilah banyak berbagai hal yang bisa anda nikmati, sehingga mampu memberikan pengalaman cukup berbeda dari liburan sebelumnya. Ajaklah anggota keluarga dan teman-teman untuk menikmati keseruan liburan bersama.

 
Keberadaan Pulau Menjangan memang di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Jika anda datang dari Kuta maka akan membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk tiba di sana. Pulau Menjangan merupakan salah satu destinasi wisata favorit para diver yang berkunjung ke Bali. Nah, inilah ulasan lengkap mengenai surganya diving, ya di Pulau Menjangan.

 

Melakukan Aktifitas Diving di Wisata Pulau Menjangan Bali

 
Lokasi dan Rute Ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Pulau Menjangan

Secara administrative masuk ke dalam wilayah desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Apabila anda ingin menyambangi Pulau Menjangan, maka harus pergi dahulu ke Kota Denpasar untuk mengambil rute Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Namun untuk bisa mencapai pulau, anda harus menyebrang dengan boat selama sekitar 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Di sepanjang perjalanan anda pun akan disuguhi dengan melihat pemandangan gunung berapi di Jawa Timur yang berpadu kerjenihan air laut.

 
Kegiatan Menarik di Pulau Menjangan

Kegiatan Menarik di Pulau Menjangan
Kegiatan Menarik di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan memang sangat terkenal dengan Wall-diving, yakni menyelam dengan cara mengikuti lajur tebing di bawah laut. Rupanya tebing laut di pulau tersebut cukup dalam hingga mencapai lebih dari 60 meter. Bahkan terumbu karang bisa ditemukan mulai dari kedalaman 10 meter. Hanya dengan melakukan wall-diving akan sangat menyenangkan, karena banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Keadaan perairan di sekitar Pulau Menjangan terbilang lumayan tenang, sehingga jarak pandang penyelam bisa mencapai 50 meter.

 
• Anchor Wreck

Anchor Wreck
Anchor Wreck

Anchor Wrek adalah spot yang paling cocok bagi para diver berpengalaman. Pasalnya memiliki kedalaman mencapai 45 meter, dan lokasi ini termasuk tempatnya sebuah bangkai kapal yang berdasarkan informasi merupakan kapal milik Belanda yang tenggelam pada sekitar abad ke-19 ketika terjadi Perang Dunia II. Kapal tersebut rupanya sering disebut sebagai Kapal Angker atau Kapal Budak karena diduga mengangkut budak dari Bali untuk dibawa menuju ke Jakarta.

 
• Eel Gardens

Eel Gardens
Eel Gardens

Eeel Gardens merupakan spot menyelam yang terdapat di sebelah barat pulau. Spot tersebut dikenal sebagai tempat terbaik di Pulau Menjangan, lantaran memiliki banyak sekali titik berkumpulnya belut laut dan sea fans. Wall-diving di spot yang satu ini akan dimulai pada kedalaman tebing sekitar 40 m.
• Secret Bay

Satu lagi spot yang sayang dilewatkan yakni Secret Bay dan termasuk spot menyelam terbaik bagi anda yang menyukai macro diving, karena perairan di sini cukup dangkal dan memiliki beragam terumbu karang. Bahkan dasar perairan di spot ini adalah pasir berlumpur dan tentunya bisa menemukan beberapa jenis spesies langka.
Bagaimana, anda puas melakukan diving di Pulau Menjangan? Kini saatnya anda menjelajah pulau dan akan menjumpai banyak rusa yang berkeliaran bebas di kawasan pantai.