Tempat Wisata Di Cianjur Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Cianjur Yang Wajib Dikunjungi – Kota Cianjur yang terletak di Jawa Barat termasuk dalam wilayah pegunungan, menjadikan masyarakat setempat bercocok tanam, mengembangkan perkebunan serta perikanan. Daerah pegunungan juga didukung oleh banyaknya sungai yang mengalir untuk dimanfaatkan sebagai sumber air untuk pertanian. Tanah yang subur juga cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman.

Udara segar dan sejuk pastinya memikat banyak orang untuk berkunjung. Sekedar untuk menghilang dari kebisingan kota untuk menikmati kenyamanan di Cianjur. Tidak seluruhnya berupa pegunungan ada sedikit daerah berupa dataran rendah dan memiliki pantai yang menawan. Wisata alam disini tidak melulu soal pegunungan, dataran rendah dan sungai pun ikut andil memeriahkan. Bagi anda yang berminat untuk mengunjungi Cianjur sebagai destinasi wisata, berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi,

6 Tempat Wisata Di Cianjur

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Pantai Jayanti

Pantai Jayanti, sebuah pantai baru yang belum begitu terkenal dikawasan Jawa Barat, tidak kalah cantik dengan pantai-pantai lain di Jawa Barat. Pantai ini berada di Desa Cidamar, Kecamatan CIdaun, Kabupaten Cianjur. Meski tergolong pantai baru, fasilitas di Pantai Jayanti sudah cukup lengkap, seperti penginapan yang disediakan oleh wara, kapal nelayan yang bisa disewa untuk menikmati laut secara langsung dan beberapa penjual makanan di tepi pantai.

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cobodas yang didirikan pada tahun 1852 oleh ahli botani dari Belanda, yaitu Johannes Elias Teijsmann, kini telah dikenal senusantara. Kebun raya ini meiliki luas kurang lebih 80 hektare, berada di area hutan Gunung Gede Desa Cicaman, Kecamatan Cipanas, Cianjur. Sesuai dengan sebutannya sebagai botanical garden, Kebun Raya Cibodas memiliki ribuan jenis tanaman yang bervariasi.

3. Curug Citambur

Curug Citambur
Curug Citambur

Curug Citambur memiiliki ketinggian mencapi seratus meter dengan debit air yang besar. Wisatawan yang datang ke curug tersebut hanya boleh mengambil foto saja. Debit air yang besar membahayakan jika untuk berfoto. Bebatuan-bebatuan penyangga curug ditumbuhi tanaman hijau dan berpadu dengan embun dari gemericik air tersebut. Hembusan air dari curug cukup besar, sehingga anda harus berhati-hati ketika mengunjungi curug yang terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur ini.

4. Telaga Biru

Telaga Biru
Telaga Biru

Berada di Desa Cicaman, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Telaga Biru selalu ramai dikunjungi wisatawan. Seluas 500 m, telaga ini mampu memikat banyak pengunjung dengan warna birunya yang khas. Jalan menuju lokasi telaga hanya berupa jalan seluas 2 meter. Yang lebih menarik lagi dari telaga ini, kita dapat melihat cerminan pepohonan yang nampak jelas di air telaga.

5. Kota Bunga

Kota Bunga
Kota Bunga

Sebagai tiruan dari kota Venesia, Kota Bunga ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan nuansa kota Venesia versi dalam negeri. Kota Bunga juga dipenuhi dengan macam-macam variasi bunga. Masih ada bebera tempat foto seperti Kuil Itsukushima dari Jepang. Kota Bunga ini berada di Kecamatan Pacet, Cianjur.

 

6. Istana Presiden Cianjur

Istana Presiden Cianjur
Istana Presiden Cianjur

Istana Presiden ini berada di Cipanas yang dibangun tahun 1740 dengan luas 25 hektar. Lokasinya di kaki gunung Gede sehingga hawa udaranya terbilang sejuk. Saat ini istana Presiden sudah jarang digunakan lagi namun masih terpelihara dengan baik. aneka tumbuhan dan tanaman hias dibudidayakan disekitar kawasan istana. Jika ingin mengunjunginya anda mesti mendapatkan izin khusus terlebih dahulu dari Sekretaris Negara.

Demikian beberapa informasi tentang tempat wisata yang wajib dikunjungi saat di Cianjur, semoga membantu anda dalam menentukan pilihan wisata di Cianjur.