8 Wisata di Cirebon Paling Hits Yang Wajib di Kunjungi

Posted on

8 Wisata di Cirebon Paling Hits Yang Wajib di Kunjungi – Hallo teman-teman, kita jumpa lagi ya. Kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata paling hits di daerah Cirebon yang wajib untuk di kunjungi. Cirebon memang cukup berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban.
Alasan dinamakan demikian adalah karena disana banyak gabungan para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa dan unsur-unsur budaya bangsa Arab, agama, bahasa dan adat istiadat. kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon.
Tempat wisata di Cirebon memang sangat menarik untuk dikunjungi dan sayang sekali jika terlewatkan. Dan bagi teman-teman yang hobi berwisata sepertinya beberapa wisata Cirebon ini bisa menjadi tujuan untuk bersantai bersama keluarga dan para sahabat.
Dan untuk lebih jelasnya mengenai wisata apa saja di daerah Cirebon yang paling hits untuk dikunjungi, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini. Inilah beberapa tempat wisata Cirebon yang menarik dan seru yang bisa teman-teman kunjungi, diantaranya:

Kumpulan Tempat Wisata di Cirebon yang paling hits

1. Objek Wisata Keraton Kanoman di Cirebon
Selanjutnya wisata di Cirebon yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah Keraton Kanoman. Ternyata keraton ini yang awalnya merupakan pusat peradaban Kesultanan di Cirebon yang saat ini terpecah menjadi beberapa keraton seperti Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Keraton Kasepuhan dan Keraton Keprabon.

Keraton Kanoman
Keraton Kanoman

Wisata Cirebon ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan Islam di bumi Cirebon. Menurut sejarah, Keraton Kanoman ini di bangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau biasa di sebut Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I yakni pada tahun 1588.
Jika teman-teman ingin berkunjung ke Keraton ini, datang saja ke Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon. Karena disini teman-teman bisa melihat benda-benda peninggalan sejarah, seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana yang masih terawat dan terjaga hingga kini.
Tetapi jika ingin berkunjung dan menikmati keindahan di dalam keraton kanoman ini, teman-teman harus membeli tiket seharga Rp. 5000. Cukup murah bukan, jadi jangan sampai teman-teman melewatkannya ya.
2. Tempat Wisata Belanja Terkenal Batik Trusmi Cirebon
Kalo tempat wisata Cirebon yang satu ini tidak boleh terlewatkan, apalagi bagi teman-teman yang suka shopping, yakni wisata belanja terkenal Batik Trusmi. Di tempat ini terdapat berbagai pengrajin dan penjual batik yang terkenal di Cirebon.

Batik Trusmi
Batik Trusmi

Menurut cerita, Trusmi merupakan nama seorang tokoh, murid dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi, yang mengajarkan Islam kepada penduduk sekaligus cara membatik. Jadi teman-teman bisa menemukan aneka motif batik yang keren di sini.
Di tempat wisata Cirebon ini produksi batiknya terdiri dari batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi tulis cap. Selain itu harga batik Cirebon ini lebih murah dan berkualitas. Jadi jika teman-teman juga ingin mengkoleksi batik datang saja ke lokasi wisata Batik ini yang berada di Trusmi Kulon, Plered, Cirebon.
3. Wahana Bermain Waterboom Siwalk di Cirebon
Satu lagi wisata Cirebon yang merupakan wahana air yang juga wajib teman-teman kunjungi yakni Waterboom Siwalk. Di waterboom siwalk ini terdapat banyak wahana, yang salah satunya adalah  waterboom Siwalk.

Waterboom Siwalk
Waterboom Siwalk

Wisata di Cirebon yang terletak di salah satu desa yang berada di Kecamatan Mundu yaitu desa Setu Patok dan berjarak sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar. Tempat ini dikelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandanganya yang indah dan alami menjadi daya tariknya.
Teman-teman bisa menikmati berabagai wahana permainan outboud, di antaranya ATV, flying fox, zona petualangan, speed boat, pemancingan, hingga kolam renang. Serta bisa menyewa perahu getek untuk menikmati panorama indah di Setu Patok yang menawan.
Dan jika teman-teman menyukai olahrga golf, sepertinya Taman Wisata Siwalk paling cocok. Tetapi untuk dapat masuk kawasan wisata, teman-teman harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu rupiah per orang, murah sekali ya.
4. Wahana Bermain Apita Waterboom
Ini dia tempat wisata Cirebon yang tidak boleh teman-teman lewatkan yakni wahana bermain Apita Waterboom. Destinasti wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Karena teman-teman bisa sepuasnya bermain air dan menikmati wahana permainan air.

Apita Waterboom
Apita Waterboom

Sebelum memasuki wisata Cirebon  yang terletak di Jalan Kedawung tepatnya di samping Hotel Apita ini, teman-teman harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Jangan khawatir karena harga tiketnya cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- saja.
5. Objek Wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon
Berikutnya objek wisata di Cirebon yang cukup hits untuk dikunjungi ini adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Wisata sejarah ini merupakan Cagar budaya seluar kurang lebih 1,5 Ha. Bangunannya didirikan oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon sekitar tahun 1703.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi

Filosofi dari nama cagar budaya yang satu ini adalah Sunya yang artinya sepi, Ragi yang artinya raga, atau tempat bermeditasi (menyepi). Di wisata Cirebon ini terdapat 18 bangunan peninggalan sejarah yang merupakan perpaduan budaya Indonesia dan China.
Jadi jika teman-teman ingin berwisata ke Taman Sari Gua Sunyaragi ini, lokasinya berada di Jl. Brigjen Darsono, Kel. Sunyaragi, Cirebon. Tetapi, teman-teman harus membayar tiket masuk seharga RP. 10.000. Dan untuk berkunjung ke wisata Cirebon ini sebaiknya pada pukul 8 pagi hingga 4 sore.
6. Destinasi Wisata Banyu Panas Palimanan di Cirebon
Wisata Banyu Panas Palimanan adalah salah satu destinasi wisata Cirebon yang tidak boleh teman-teman lewatkan kali ini. Karena di tempat wisata ini teman-teman bisa menikmati mandi sekaligus berendam air panas sampai puas, menyenangkan bukan.

Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan

Wisata Cirebon yang  satu ini selalu ramai pengunjung. Untuk mengunjungi wisata banyu panas palimanan ini, lokasinya berada di dalam wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon tepatnya di Jalan Raya Cirebon – Bandung KM. 20).
7. Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon
Masih ada lagi tempat wisata cirebon yang juga cukup banyak pengunjungnya yakni Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini merupakan peninggalan keraton Pakungwati, yang pada awalnya bernama masjid pakungwati. Wisata ini merupakan salah satu tempat siar islam terbesar.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Sunan Gunung Jati merupakan sultan Cirebon yang pertama, dan masjid ini merupakan salah satu saksinya. Di lokasi mihrab, juga terdapat tiga buah batu tegel lantai khusus dan dulunya dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang dan tentu Sunan Kalijaga.
Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang terletak di Jl. RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan, Cirebon dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton ini adalah landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo.
Jika teman-teman mengunjungi wisata Cirebon ini, akan disambut oleh pintu masuk ke bangunan utama yang sungguh kecil, sehingga harus membungkuk untuk memasukinya. Jadi inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah, menarik sekali bukan.
8. Tempat Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan di Cirebon
Keraton Kasepuhan merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Cirebon yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di wisata Cirebon ini teman-teman bisa melihat indahnya bangunan keraton yang sangat terawat. Tak heran jika keraton Kasepuhan menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Cirebon.

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan

Keraton kasepuhan yang terletak di Jl. Jagasatru, Cirebon ini memiliki bangunan yang sangat megah dan keren. Menurut cerita keraton ini dibangun sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yakni cicit dari Sunan Gunung Jati.
Di dalam wisata keraton ini terdapat museum  yang berisi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Selain itu di bangunannya terdapat akulturasi berbagai budaya dari jawa, sunda, China, India, Arab dan Eropa.
Ternyata terdapat pula dua patung macan putih yang indah di gerbang keraton yang  melambangkan bahwa Kesultanan Cirebon penerus Kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan suatu pengaruh agama Hindu pada masa itu. Untuk menikmati keindahan wisata Cirebon ini teman-teman harus membayar tiket sebesar Rp. 8.000 saja.
Nah teman-teman itulah tadi beberapa daftar tempat wisata Cirebon paling hits yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata di Cirebon memang sungguh menarik untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga. Jadi jangan sampai teman-teman melewatkannnya.